PREDIKSI
KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
MATEMATIKA
SMP/MTs
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan konsep operasi hitung dan
sifat-sifat bilangan, perbandingan, aritmetika sosial, barisan bilangan,
serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menghitung
hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bilangan pecahan.
|
||
Mengurutkan pecahan, jika diberikan
beberapa jenis pecahan.
|
||
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan
skala dan perbandingan.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan jual-beli.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan perbankan atau koperasi.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan menentukan suku ke-n suatu barisan.
|
||
2.
|
Memahami operasi bentuk aljabar, konsep
persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi,
fungsi, sistem persamaan linear, serta menggunakannya dalam pemecahaan
masalah.
|
Mengalikan bentuk aljabar.
|
Menghitung operasi tambah, kurang, kali,
bagi atau kuadrat bentuk aljabar.
|
||
Menyederhanakan bentuk aljabar dengan
memfaktorkan.
|
||
Menentukan penyelesaian persamaan linear
satu variabel dalam bentuk pecahan.
|
||
Menentukan
irisan atau gabungan dua himpunan .
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan irisan atau gabungan dua himpunan.
|
||
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
relasi atau fungsi.
|
||
Menentukan gradien, persamaan garis dan
grafiknya.
|
||
Menentukan penyelesaian sistem persamaan
linear dua variabel.
|
||
3.
|
Memahami bangun datar, bangun ruang,
garis sejajar, dan sudut serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan soal dengan menggunakan
teorema Pythagoras.
|
Menghitung luas
gabungan dua bangun datar
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan luas gabungan dua bangun datar.
|
||
Menyelesaikan soal keliling gabungan dua
bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menghitung besar sudut yang melibatkan
sudut dalam dan sudut luar segitiga.
|
||
Menghitung besar sudut yang terbentuk
jika dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain.
|
||
Menghitung besar sudut pusat atau sudut
keliling pada lingkaran.
|
||
Menghitung luas juring lingkaran dari
unsur yang diketahui.
|
||
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan
konsep kesebangunan.
|
||
Menyelesaikan soal dengan menggunakan
konsep kesebangunan dari dua trapesium sebangun.
|
||
Menyelesaikan soal dengan menggunakan
konsep kongruensi.
|
||
Menentukan unsur-unsur pada kubus atau
balok.
|
||
Menyelesaikan soal jaring-jaring bangun
ruang sisi datar.
|
||
Menentukan volume bangun ruang sisi datar
dan sisi lengkung.
|
||
Menghitung luas permukaan bangun ruang
sisi datar dan sisi lengkung.
|
||
4.
|
Memahami konsep dalam statiska, serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakannya
dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
|
Menyajikan dan menafsirkan data.
|